Mari Menjelajah!

Ada yang bilang, kalau kita ngga pernah migrasi seumur hidup kita, seakan-akan kita hanya membaca satu halaman saja dari seluruh buku. Kita jadi ngga bisa belajar banyak. Dan saya ngga mau hanya membaca satu halaman, saya ingin membaca keseluruhan buku. Saya ingin menjelajah banyak tempat-tempat baru di luar kota kelahiran saya. Dan sampai saat ini, thanks to my university and of course my job, saya jadi lumayan banyak bepergian ke tempat-tempat baru. Bisa karena pekerjaan, melawat teman yang menikah, bisa juga karena memang sejak awal diniatkan untuk jalan-jalan. Bisa bersama keluarga bisa juga bersama teman-teman.

Minggu lalu, tiba-tiba saya kepikiran buat beli peta, dan mulai menandai tempat-tempat mana saja yang pernah saya kunjungi. Ngga perlu sampe menginap di tempat itu, yaaaahh at least menginjakkan kaki lah, meski cuma beberapa jam. Hehehehhee.

Hasilnya? Ini dia..

 

Peta Indonesia. Tahun 2009. Kharismanya begitu terpancar di dinding kamar saya. Mengalahkan poster Avril Lavigne dan foto wisuda saya sama Bapak. Damn, beli peta? Hari gini? Yeah, kadang saya sendiri terkejut dengan apa yang sebetulnya otak saya bisa fikirkan.

 

Yak. Mari kita mulai dari pulau Sumatera dan Semenanjung Malaysia. Untuk Sumatera, saya baru mengunjungi 2 provinsi saja ternyata, yaitu Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Thank God I’ve been travelled to Singapore and Thailand. Dan mengunjungi 9 dari 14 negara bagian Malaysia, meski semuanya di semenanjung. Yes, saya belum pernah ke Sabah or Sarawak.

 

Wahh. Ternyata paling banyak adalah Pulau Jawa.

 

Pulau Kalimantan baru satu provinsi, Kalimantan Barat aje. And by the way, seharusnya saya nandain di Sajingan, bukan Singkawang. Karena setelah saya ingat-ingat lagi, saya cuman lewat doang di Singkawang mah. Huehehehe.

 

Oh damn. Saya belum menjelajah SATU PUN wilayah Indonesia Timur.

 

Kalau direview, saya baru mengunjungi 10 provinsi dari 33 provinsi di ibu pertiwi ini. Hmmm. Mungkin lebih baik saya nabung dari sekarang buat jalan-jalan ke wilayah Indonesia Timur, starting from Bunaken maybe?

 

[Bogor. 31 Oktober 2010]

[03.47 am]


About this entry