Kisah Gred ”R” dan Paper Mandarin.

Babak Pertama.

Sejenak gw tinggalin tulisan untuk entri terbaru di blog gw. Dari laptop, gw beralih ke desktop deket TV. Waah. Dunia per-chatting-an malam ini lumayan rame ternyata.

Sampe akhirnya, si Bayu ngasih tau kalo keputusan provisional udah bisa dilihat hasilnya di website USM. OMG. Terkejut batin gw. Gw lirik jam dinding, bener aja. Udah jam 11 lewat, artinya di sana udah jam 12 lewat. Artinya, udah masuk tanggal 20 Mei; yaitu Hari Kebangkitan Nasional. Ehh—bukan itu maksudnya. Tanggal 20 Mei berarti result ujian sementara udah bisa diliat. Walaupun result-nya baru berupa lulus/ngga-nya subject itu, tetep aja bikin degdegan. Apalagi result semester terakhir. MAKIN degdegan..

Maka website USM pun gw klik. Langsung menuju bagian notis. Lalu tiba di kotak angka giliran dan No.IC. Waduuuu. Berapa angka giliran gw yak?? Secara exam juga cuma sebiji, exam paper Bahasa Mandarin aja.

*2menit mikir-mikir. Oke, beneran ngga inget sama sekali.

*1menit mikir-mikir, di mana gw taro tu slip peperiksaan ya..

*beberapa detik kemudian… gw teringat. OH! Di folder kuning ituh.

Dengan semangat langsung kubuka-buka folder-nya. Begitu ketemu, langsung kumasukin angka gilirannya. Lalu No.IC-nya. Dan.. tadaaaa!

Ada gred ”R” muncul di paper paling atas. Paper Bahasa Mandarin.

Paper lainnya alhamdulillah P, alias lulus. Yang ”R” ini nih yang ngga jelas juntrungannya. Gw cari-cari di keterangannya, ngga ada keterangan ”R”. Yang ada keterangan P*, DK, F, dan keterangan lainnya.

[Oke. Mulai panik]

Gw pun lantas mulai tanya-tanya makhluk-makhluk USM yang masih online saat itu. Lewat YM. Lewat facebook. Wuiii, ternyata orang-orang pada begadang nungguin result. Tapi nihil. Pada ngga ada yang tau. Bahkan sampe Ka Rap yang udah alumni. Feeling gw spontan bilang kalo R means REPEAT. Oh please gw ngga mau repeat. Oh please gw mau tetep convo agustus ini..

Pelbagai argumen akhirnya gw terima. Ada yang bilang mungkin R betul-betul means repeat. Ada yang bilang R mungkin bermakna gw meniRu (niru dari Hongkong.. kalo gw celingak-celinguk waktu exam, itu tandanya gw lagi nahan pipis..). Ada yang bilang R mungkin Release. Tapi ada yang kurang ngajar bilang kalo R mungkin Request for Extend.. Hahahahhaa.. Emang ada gituh?

Apapun, gw tetep dibikin resah sama gred ini. Karna nungguin gred sebenarnya (gred ABC-nya) masih agak lama yaitu bulan depan. Dan gw ngga nahan nunggu sampe bulan depan. Akhirnya gw minta tolong si Bayu untuk nge-check ke Pusat Bahasa, apa makna dari gred ”R” ini sebenernya.

Lalu komputer pun di-shut down. Gw udah ngga ada napsu buat ngelanjutin tulisan untuk new entri di blog gw yang gw tinggalin tadi.

[…..] Tapi gw tetep ngga bisa tidur.

Yang paling ngeselin adalah, dari dulu gw udah yakin ni paper Mandarin bakal bawa masalah. Susah banget materinya. Gara-gara telat seminggu, gw udah ngga boleh drop subject ini. Alhasil yaaaa gw terusin aja sampe exam. Tapi gw sempet ganti code subject ini dari U ke Y, means audit alias ngga dikira (baca:diitung) unit. Berapa pun nilainya, cuma ada dua pilihan : Passed or Failed. Sebagus-bagusnya nilai gw, ngga akan keluar gred A. Sejelek-jeleknya nilai gw, ngga akan keluar C. Begitu kira-kira makna dari code Y ini.

Tapi tetep ajah, gw ngerasa jengkel sendiri. Kejadian ini udah gw perkirakan akan berlaku. Udah tau bakal begini, tetep aja dulu gw males-malesan masuk kelasnya. Tetep aja gw ngga semangat belajar buat ngerjain exam-nya. Tetep aja gw setengah hati ngejalaninnya… dan akhirnya, ya beginilah hasilnya.

Babak Kedua.

Siang ini.. akhirnya Bayu sms. Gred ”R” bermakna gw lulus paper itu, tapi tak ada gred. Jadi, ngga masuk ke CGPA. Ohhh. Thank God. Thanks Bay.. gw udah degdegan aja nih, jangan cuma gara-gara paper Mandarin ini, gw ngga bisa convo agustus ini.. OH NO. Please jangan sampe..

Hppffhhhhhh.

Begitulah.

Contoh kisah suram yang tidak baik untuk ditiru.

Pesan moral kali ini : lain kali, kalo mau ngambil satu subject yang kira-kira levelnya agak susah, ngga usah diambil ya. Atau cepet-cepet di-drop aja. Guys, jangan main-main deh sama Pusat Bahasa. Apalagi kalo kamu lagi semester terakhir..

[Bogor, 20 Mei 2009]

[08. 32 pm]


About this entry