Indie.GIG.Bunkface.

Owww yeaaah! Akhirnya kesampean juga nonton gig di Penang! Yeehhaaa! Sebelum gw benar-benar angkat kaki dari pulau antah berantah ini, gw harus nyobain hal-hal yang belum pernah gw cobain sebelumnya. Contohnya ya seperti nonton gig ini.

Udah lama gw pengen nonton gig di Malaysia. Dulu waktu Hujan dateng ke Penang dan perform di Actor Studio Greenhall, gw ngga jadi nonton. Akhirnya si Syefa cabut sendirian kesono. Well, actually gw ngga 100% sure bedanya gig dengan concert itu apa, tapi gw rasa bedanya cuma pada band-bandnya aja. Kalo gig biasanya istilahnya sering dipake buat band indie, tapi kalo concert lebih ke band mainstream. Kalo gig setau gw emang diadainnya di tempat tertutup, contohnya ya kaya gig yang diadain sama Andamedia ini. Tempatnya kaya gini nih.

img_2361-30Nama tempatnya Soundmaker Studio, Wisma Kongsi Penang. Nah loh. Denger juga belum pernah.. Akhirnya setelah dapet penjelasan dari Bule kalo tempatnya deket-deket jeti and kedai tayar silverstone (baca: kedai ban), akhirnya kita nemu juga tempatnya.

img_2271-30

Sampe di gedungnya, langsung naek tangga ke atas. Tempatnya di lantai dua. Sebelum masuk, gw transaksi tiket dulu sama Bule. Thanks for saving the tickets for us ya. Abis itu, kita dicap di leher sebagai tanda masuk. Mmm.. Jadi inget waktu nonton konser di GOR Bogor dulu waktu jaman SMA.. Huehehehe.

img_2274-30

Yupp. Banyak juga orang yang nongkrong di luar. Padahal lagi ada band yang perform. Dan tiba-tiba gw langsung merasa insecure. Bener juga kata si Gaby, kita mesti bawa cowok. At least ada yang lindungin kita nanti kalo ada apa-apa. Udah gitu tiap kita keluar-masuk ruangan, pasti diliatin.. Duuh, biasa aja dong mas… Hahahahaha..

img_2273-30

Tuuu kan pada ngeliatin. Btw, ini toilet cewek apa cowok sih? Ngga jelas deh ah.

img_2300-30

Oiya, di luar ruangan ada yang jualan kaos-kaos gitu. Ada juga dijual CD Bunkface plus pin dan merchandise lainnya.

img_2301-30

Well, kaos-kaos yang dijual ngga semuanya kaos band. Ada juga yang ngga ada kaitannya kaya My MoM is Retro-lah, lambang PLN-lah.. macem-macem dah. Sebiji harganya RM27. Kalo beli dua RM50. Yak, dipilih..dipilih mba.. silakan..

img_2265-30

Pas kita dateng sekitar setengah tigaan, band ini lagi perform. Tapi ngomong-ngomong ini band apa ya?? Pas gw masuk, sumpah gelap parah. Gw mau moto juga susah. Penerangan satu-satunya cuma yang di atas itu tuh, itu pun bukan lampu putih, lampu kuning 5watt gitu. Selain gelap, baru sebentar gw berdiri langsung keringetan. Banyak banget orang. Gampang sesak nafas ni kalo yang punya asma. Ada AC 3biji pun ngga kerasa.

trio

Oiya gw lupa ngenalin. Introducing.. Personil kali ini adalah.. Gw, Gaby, Haikal dan Reja. Tapi si Reja agak malas gitu nonton, dia sibuk di luar aja entah ngapain.

img_2281-30

Untuuuungg ada Haikal. Haikal berjasa banget deh. Kalo ngga ada dia, ngga akan bisa gw dapet foto dari angle begini. Huehehehe. Secara dia tinggi menjulang.. Thanks ya kaaaall. Btw, lagi-lagi gw kaga tau ini band apaan..

img_2284-30

Yak. Kaya gini nih crowded-nya. Ngga jauh bedalah sama gig di Bandung. Gig kaya gini penuh sama remaja-remaja belasan tahun yang dandanannya agak-agak nyeleneh. Udah tau di ruangan tapi mereka ngerokok aja. Ruangan makin terasa pengap.

img_2290-30

Masih band yang sama. Layaknya konser band pada umumnya, pasti bakal ada orang yang rusuh. Moshing di tengah-tengah, muter-muter ngga jelas. Penonton yang berdiri di bagian depan pun sampe berdiri di atas stage gitu.

img_2291-30

Masih rusuh.

img_2292-30

Crowded banget stage jadinya. Yang mana personil band, yang mana penonton nih??

img_2320-30

Yupp. Yang model begini juga pasti bakalan ada..

img_2323-30

Hahahaha.. Liat kita udah keringetan begitu.. Parah, panas kali di dalem itu.. Tiga kali kita keluar-masuk; hirup udara segar di luar ruangan. Sekali gw turun ke bawah beli minum. Hppffhhh..

img_2324-30

Hahahahahhaa.. Haikal lebay banget.. Si Gaby juga tega kali, masa si Haikal disuruh megang tasnya? Hahahahahaa.. Iya sih Gab, kalo bawa tas emang agak susah kita jingkrak-jingkraknya..

img_2328-30

Bentar, bentar.. kalo ngga salah ni band namanya BOBKU2 and The Gang Jahat. Lagu yang dibawain kaya lagu anak-anak semua. Bedanya cuma aransemennya aja. Ada satu lagu yang mirip sama lagu Pramuka.. “kalau kau suka hati tepuk tangan! prok3x!” Huehehhee.. Bukan begitu Gab?

img_2337-30

Yang ini juga ngga tau band apa namanya. Yang jelas, penonton uda pada capek. Jadinya kami duduk nontonnya. Lucu ya, padahal di depan itu band rock-metal gitu. Bukan jazz loh. Lama-lama kesian juga sih sama bandnya..

img_2347-30

Naaaahhh. Yang ini gw tau nih. Band ROTI! Huehehehhe. Pake keju boleh ngga bang? Atau sandwich aja deh sekalian, gimana? Huehehehehe. Vokalisnya lucu, mirip Marcell Chandrawinata versi rambut gondrong.

img_2349-30

Daaaaannn.. Ini dia yang ditunggu-tunggu.. BUNKFACE! Band indie yang lagi naek daun akhir-akhir ini. Selain karna lagu Situasi-nya sering diputer di radio, lagu yang sama juga jadi soundtrack TV3 untuk iklan promo program bulan Februari. Iklan ringbacktone-nya juga lagi sering ditayangin tuh di TV.

img_2350-30

[Masih] BUNKFACE. Ya ampun.. personilnya kaya masih anak-anak sekolah gitu. Masih imut-imut. Seumuran SMA kali ya. Penonton yang dateng juga kebanyakan anak-anak sekolahan.  Btw lama gila ni nungguin mereka perform. Jam 5 hampir setengah 6 mereka baru perform.

img_2351-30

BUNKFACE bawain enam lagu. Waktu Silly Lilly dibawain, moshing parah di tengah-tengah. Lagi-lagi thanks to Haikal yang melindungi kami berdua. Huehehehe. Thanks juga udah motoin band-bandnya..

img_2355-30

Oo-kaaaay! As everyone expected, lagu Situasi dibawain di paling akhir. Abis itu, bubar deee. Paraaah.. Keringetan gilaaaaaa..

img_2359-30Sesi foto terakhir bersama pihak penganjur (baca:panitia), Mister Qareem dari Sampah Society (sebelah gw). OMG. Mengapa dirimu sungguh skema di sini wahai encik Qareem?

Well, jujur gw kurang nikmatin lagu-lagu yang dibawain secara gw ngga pada kenal gitu lagu-lagunya. Huehehehe. Jadi palingan gw nikmatin musiknya aja. Crowded-nya asik. Sayang tempatnya terlalu kecil. Band-band pembukanya juga kebanyakan.. Selain ROTI sama BOBKU2 and the gang jahat, ada juga Kugiran Malaya, Julie Goes Overseas, Hello is this the band, Blackwood Project, Dishonestly Serenade, Melodies dan Piring Hitam. Cuma, yang kaya gw bilang tadi. Gw kaga kenal mereka itu yang mana satu pas perform tadi.. Huhuhuu.. Oiya, agak parah juga ni Andamedia sama Sampah Society. Masa ngga ada security sama medic? Wahh.. kalo konser kan wajib tu mestinya..

Tapiiiiiii.. akhirnya cita-cita gw nonton gig ini bareng Gaby terlaksana juga. Semua didorong oleh semangat last semester!! Ngga sia-sia nih bela-belain berangkat naek teksi gelap depan Khaleel. Tadinya mau naek Rapid, tapi ternyata pak cik tu nawarin kita yang lagi duduk di basstop. Lumayan ke jeti cuma RM8. Baiknya pakcik tu.. Nyesel juga ngga minta nomer telpon. Huehehehe. Udah gitu pulangnya nebeng sama mobil Bang Fidoen sampe Aman Damai. Uhuy! Hoki banget kita hari ini. Seolah-olah dimudahkan untuk pergi kesana. Dan alhamdulillah semuanya lancar-lancar aja. Yah kalo diinjek-injek dikit mah biasa lah. Namanya juga gig. Keringetan juga biasalah. Yang gw agak ngeri cuma waktu kita jingkrak-jingkrak, kok kayanya lantainya goyang-goyang gitu yah?? Itu aja sih. Sumpah gw degdegan setengah mampus. Kan ngga lucu juga kalo kita musti mati cuma gara-gara lantai ambruk.. Tapi intinya kalo pake bahasa sini, berbaloilah RM18..

[aman damai. 22 Februari 2009]

[07.55 am]


About this entry